Shinse Lim Suriady bersama Tim Klinik Digital UI memberikan Materi antisipasi Hoax kepada Komite Sekolah Al Azhar Syifa Budi Cibubur.

 In berita

Secara tidak langsung, perkembangan Teknologi mempengaruhi perilaku sosial masyarakat Indonesia khususnya penggunaan sosial media. Penggunaan yang berlebihan dalam media sosial secara tidak langsung berdampak terhadap perubahan karakter, pola pikir dan pola prilaku seseorang.

Hal tersebut kerap kali dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab untuk membentuk opini atau rekayasa berita, berita bohong ( hoax ) maupun penyebaran kontent yang dapat merusak moral bangsa.

Tanpa kita sadari, beberapa tahun terakhir ini penyeberan Hoax di Indonesia bisa dikatakan sangat tinggi. Bahkan, sudah pada tahap merusak sendi kehidupan dalam berbangsa dan bernegara. Berita Hoax seakan selalu ada dalam semua aspek kehidupan.

Hoax bukan hanya sekadar informasi sesat yang dibuat tanpa tujuan. Hoax bisa menjadi ladang bisnis di tangan kelompok orang yang tidak bertanggung jawab seperti yang dilakukan tim Saracen. Saracen merupakan salah satu contoh kelompok pembuat berita hoax yang bekerja secara profesional dan memiliki ribuan akun dalam menjalankan aksinya.

 

Bisnis berita hoax yang banyak terjadi tentu sangat meresahkan masyarakat. Dengan beredarnya berita Hoax, masyarakat dapat kebingungan dengan informasi mana yang bisa dipercaya dan mana yang tidak.

Guna membantu masyarakat untuk identifikasi Hoax, bahaya kontent pornografi serta kecanduan Game Online, Maka Sinshe Lim Suriady bersama Tim Klinik Digital Vokasi Komunikasi Universitas Indonesia menjadi Narasumber Talkshow Literasi Media Digital serta Narasumber lainya  yaitu DR. Devie Rahmawati,M.hum, CPR , Dra.Amelita Lusia, CPR serta Reska Herlambang, M.Ikom.

Talkshow yang diselenggarakan pada Jumat, 25 Januari 2019 tepatnya pukul.08.30 wib tersebut di ikuti 175 Peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah, Para Guru serta Wali Murid yang tergabung dalam Komite sekolah. Kegiatan tersebut digelar di Aula Lantai 2 komplek Sekolah Al Azhar Syifa Budi Cibubur. Acara talkshow literasi media digital dengan dipandu oleh Lucy Bulur yang merupakan ketua panita pelaksana itu semakin hangat karena adanya interaksi antara peserta dengan para narasumber.

Pada Talkshow ini masing masing narasumber memaparkan dampak hoax dari berbagai sisi.

Shinse lim sendiri menyampaikan dampak hoax dari perspektif kesehatan. Sebagai Ahli Nutrisi Dunia WFCMS, Shinse Lim sangat komitmen untuk memerangi Hoax dibidang kesehatan. Beliau berpesan jangan mudah percaya terhadap apapun baik itu tips atas cara penyembuhan kesehatan yang instan karena sangat berbahaya bagi nyawa kita.

Talkshow literasi media digital itu diakhiri dengan Pemberian Plakat Penghargaan dan cinderamata  kepada para pembicara oleh Kepala Sekolah , Ketua Komite serta Ibu Lucy Bulur. Suasana semakin akrab dengan foto bersama antara peserta dengan narasumber.

Recent Posts
Pesan Singkat

Silahkan hubungi kami untuk konsultasi dan pemesanan CIAK PO

Not readable? Change text. captcha txt